Monday 9 February 2015

Dapatkan Stamina Kuat


(foto: uppernicolaband.com)

Amat sangat wajar bila seseorang begitu menggilai makanan-makanan enak yang manis, asin, dan berlemak, namun jelas kurang serat. Padahal ragam makanan seperti itu dapat memberikan efek buruk bagi tubuh, seperti mudah lelah. Secara fisik, perut kamu juga akan mudah buncit. 

Sejatinya, untuk melakukan ragam aktivitas atau rutinitas harian, kamu membutuhkan stamina yang kuat. Apalagi jika kamu juga aktif bermain basket ataupun streetball, sudah pasti stamina prima mutlak dimiliki. Sebab dalam olahraga permainan, seperti basket, kamu akan lebih banyak berlari di mana derap jantungmu akan bekerja lebih keras di sini.

Berikut adalah tips singkat untuk mendapatkan stamina bagus layaknya para pemain bola basket profesional:

  • Ubah karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks, sehingga stamina kamu menjadi lebih baik. Caranya, ganti roti putih dengan roti gandum, nasi putih dengan nasi merah, atau juga mengganti bubur dengan oatmeal saat sarapan.
  • Banyak konsumsi buah. Tubuh membutuhkan vitamin dan mineral untuk proses metabolisme, detoksifikasi dan antioksidan. Buah-buahan memiliki daya listrik yang dapat mengubah lemak menjadi energi dalam tubuh. Salah satunya pisang, yang mana direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin karena kandungan fruktosa dan kaliumnya bagus untuk otot jantung.
  • Kurangi asupan gorengan. Biasakan menyantap lauk yang dipanggang atau direbus, bukan digoreng. Sebab pada dasarnya, makanan yang digoreng akan berkurang asupan oksigennya hingga 20 persen.

No comments:

Post a Comment