Tuesday 6 January 2015

Mengenal 5 Posisi Pemain Basket


Info Olahraga Basket | Info Kompetisi Basket
Sumber: projects.vestavia.k12.al.us

Dalam permainan basket, tak ada aturan yang mengatur posisi pemain tertentu. Hal ini berbeda dengan banyak olahraga lainnya, seperti kiper dalam sepak bola dan futsal, di mana beberapa pemain setidaknya harus dalam posisi tertentu selama waktu pertandingan. 

Meskipun begitu, basket mengenal lima posisi utama yang sebagian besar dimainkan dalam pertandingan. Berikut ini info olahraga basket mengenai lima posisi pemain dalam basket, seperti yang disadur melalui ducksters.com.

Point guard: Point guard adalah pemimpin tim dan bertugas untuk membawa bola dan memberikan passing pada temannya. Pemain dengan posisi ini mengatur irama permainan timnya, apakah cepat atau lambat. 

Shooting guard: Sesuai namanya, pemain dengan posisi memiliki tugas untuk mencetak angka atau shooting, termasuk 3 point shoot. Sebagai info kompetisi basket, Michael Jordan didapuk sebagai shooting guard terbaik sepanjang sejarah basket.

Small forward: Pemain di posisi ini biasanya memiliki badan yang tinggi dan besar untuk mempertahankan posisi dari serangan lawan dalam hal pergerakan. Dalam basket, pemain small forward sering kali menjadi pemain multitasking. Mereka harus membantu dalam hal ball handling, membuat outside shot hingga mencetak rebound

Center: Posisi center biasanya pemain yang berbadan besar atau tinggi. Di NBA, banyak center dengan tinggi badan 7 meter atau bahkan lebih tinggi. Center bisa menjadi pencetak poin terbanyak, tetapi juga perlu menjadi rebounder yang kuat dan shoot blocker

Power forward: Kekuatan otot dan spesialisasi rebound menjadi skill dasar yang wajib dimiliki seorang power forward. Selain itu, salah satu tugas utamanya adalah menangkap bola yang memantul dari ring baik dalam keadaan bertahan maupun menyerang.

No comments:

Post a Comment